Penyebab dan Ciri Rumah Kopling Mulai Rusak
Bagi pengguna motor pastinya pernah mendengar yang namanya rumah kampas kopling dan mangkok kopling, komponen ini memiliki fungsi sebagai penerus dan penggerak transmisi, kegunaan komponen tersebut bukan hanya sekedar menjadi wadah bagi kampas saja, tapi juga membantu kinerja atau fungsi dari sistem kopling pada sepeda motor tersebut.Untuk masalah atau kerusakan yang timbul pada rumah kopling, biasanya disebabkan beragam faktor misalnya karet dumper yang sudah mengalami kerusakan,paku keling yang patah, atau riding style yang terlalu agresif sehingga akan terjadi hentakan yang konstan pada rumah kopling atau bisa juga karena membiarkan plat kopling yang sudah menipis, apabila hal ini dibiarkan atau didiamkan saja tanpa ada perlakuan kusus maka akan menimbulkan efek yang akan sangat terasa pada sepeda motor, lama -lama pastinya dampak negatifnya bisa mengakibatkan kerusakan pada lapisan rumah kopling yang membuatnya akan menjadi aus atau terkikis.
Pada saat mengganti kampas kopling diusahakan sekaligus juga untuk mengganti plat koplingnya serta cek juga kondisi rumah kopling. Apabila plat sudah mengalami tipis segeralah ganti dan bila rumah kopling tersebut sudah terasa goyang langsung cek pada karet dumpernya hal ini jangan dibiarkan terlalu lama bisa mengakibatkan bunyi kasar pada motor.
Jika parahnya lagi bila mangkok kopling sudah mengalami aus dan benar-benar tidak bisa digunakan atau bekerja maka motor seperti mengalami kehilangan kompresi. Hal tersebut terasa ketika menyala kendaraan dengan engkol ( kick starter ) tapi tidak ada tekanan balik atau sering disebut dengan ngelos pada bagian kopling.
Gejala yang timbul jika karet kopling sudah mulai menegcil atau bahkan habis karena terjadi tekanan yang terus menerus, maka bisa di rasakan dengan adanya benturan pada bagian kopling ketika motor di masukan gigi entah itu 1,2,3 atau 4 -5, bunyi yang timbul dari karet kopling yang sudah habis ini seperti bunyi pada stang piston yang mulai goyang.
Untuk penggantian karet kopling ini memang cukup murah harga di dealer resmi atau bengkel pinggir jalan sekitar Rp. 45- 60 ribu. Dan untuk pengerjaan ada yang langsung bisa di kerjakan di situ ada juga yang membawanya ke tukang bubut.
Demikian berbagi ilmu dalam dunia otomotif kali ini semoga berguna dan menambah wawasan bagi para pengguna speda motor.
Comments