Cara Mengecek spull yang mati

       Dalam dunia otomotif  pengapian menjadi faktor yang sangat penting karena hal ini bisa membuat motor bisa berjalan karena ada proses pembakaran yang ada di ruang bakar,karena sangat pentingnya komponen ini jadi jangan di sepelekan fungsinya karena bisa membuat motor tidak bisa berjalan dan anda di buat menderita oleh kuda besi anda dan harus mendorong motor untuk mencari bengkel terdekat untuk memperbaikinya. Perhatikan beberapa hal berikut agar anda bisa mengetahui gejala dari permasalahan motor anda mengalami msalah terutama pada sektor pengapian, yang di anggap sebgian bengkel cukup rumit untuk memperbaikinya.
       Langsung saja kita ulas hal-hal yang berbau tentang pengapian sepeda motor dalam bahasa teknik spull ini biasa di sebut dengan alternator karena merupakan sebuah gulungan yang bisa membangkitkan tegangan listrik karena berdekatan dengan magnet atau generator yang berputar mengelilingi kumparan / gulungan kawat yang bisa menghasilkan tegangan listrik, berbicara tentang spull kita coba ulas ada beberapa komponen yang harus kita pahami fungsinya satu-satu terlebih dahulu : 
  1. spull pengisian 
     

       Pada umumnya kabel berwarna putih, kalau spul ini rusak atau terbakar maka pengaruhnya aki akan ngedrop sampai habis 2 -3 kali, bahkan kalau ganti kiprok pun akan tetap sama Karena problemnya ada pada lilitan spul yang tidak bisa mengisi akiagar tetap di angka 12,4 volt. Cara mengeceknya bisa dilihat kondisi fisik biasanya terbakar, atau lilitan kawat putus, untuk pengecekan secara akurat tanpa bongkar – bongkar pakai avometer yang sudah bisa terlihat dari hasilpengukuranya.    


      2.  Spul penerangan





Kerusakan ekstrimnya lampu depan / lampu utama tidak menyala atau lampu sudah mulai redup, faktornya  sama dengan spul pengisian dari lilitan putus atau terbakar, cara pengecekannya dengan visual atau diukur dengan avometerdan jangan lupa  suhu mesin sekitar 20 derajat kondisi dingin agar akurat.
Karena yang jadi contoh Jupiter z maka warna kabelnya spul kuning dihubungkan dengan soket avometer warna merah kemudian kabel hitam spul di hubungkan dengan soket avometer  warna hitam, sebelumnya seting avometer di ohm / hambatan , tahanan akuratnya 0,2 -1,0 ohm lebih dari spesifikasi dianjurkan penggantian.

     3. Pulser


Ini susah – susah sedap, karena biasanya motor susah hidupnya kalau mesin masih dingin tapi kalau sudah panas gampang hidupnya, cara pengecekannya ngga bisa di plototin doang / dilihat, mesti diukur pakai avometer. Dengan suhu biasa 20 derajat / keadaan mesin dingin seting avo di ohm  tahanan yang diperoleh 250 – 380 ohm . itu adalah cara untuk mengecek seputar pengapian agar kita bisa mengetahui masalah yang ada pada motor kita.

Comments