perbedaan piston forging dan casting

    Piston sepeda motor sekarang ini ada beberapa jenis dan tipe yang keluaran terbaru yaitu piston forging dan yang model lama yaitu model casting, dari kedua model di tersebut memeang ada sisi negatif dan isis positifnya.
yang pertama sekarang kita coba pahami dari proses pembuatanya dan bahan material yang di gunakan dari kedua piston tersebut, bahan khusus yang di gunakan untuk piston casting yaitu 


  1. Magnesium 
  2. Fosfor 
  3. Nitrogen 
  4. Alumunium
Pada proses pembuatanya yaitu dengan menggunakan suhu yang sangat tinggi agar pemadatan material yang di campurkan bisa menyatu dengan kuat
sedangkan bahan dasra dari pada proses pembuatan piston forged yaitu
  1. Silikon 
  2. Tembaga 
  3. Alimunium
 Kenapa bahan dasar pada piston cukup banyak dan memang material yang di gunakan lumayan mahal jika kita beli dipasaran karena piston mempunyai fungsi 
  1. Menghisap, megkompresi dan membuang sisa hasil pembakaran yang ada pada ruang bakar 
  2. merubah tekanan hasil pembakaran menjadi gaya dorong pada piston untuk meggerkan ktuk as / stang piston
  3. mengatur pemasukan dan pembuangan pada siklus motor 2 tak

itulah kerja utama dari piston kenapa harus memerlukan bahan dan material yang cukup kuat untuk menahan beban dari hasil proses pembakaran penghisapan dan bisa menggerkan kruk as atau poros engkol pada mesin.
selain itu juga piston harus kuat terhadap gesekan antara rumah atau dinding silinder dengan badan piston, untuk menjaga agar piston bisa bertahan lebih lama kita harus memeperhatikan beberapa prosuder dalam merawat sepeda motor agar komponen seperti piston ring piston bisa lebih awet.
prosedur perawatan bisa kita lakukan sedini mungkin dengan memperhatikan hal - hal yang bisa memicu umur piston menjadi lebih cepat.
apa saja yang harus di perhatikan salah satunya yaitu :
  • jangan mengabaikan pergantian oli ( pergantian oli harus sesuai kilometer atau dengan rentang watu menggunakan hari bahkan bulan)
  • selalu mnegecek konsisi sirkulasi air pendingin ( khususnya bagi motor yang menggunakan radiator sebagai media utama untuk mendinginkan suhu mesin)
  • periksa kebocoran pada bagian mesin( cek sela oil, paking, dan komponen yang berkaitan dengan mesin)
itulah perbedaan dari piston berjenis forged dan casting yang harus kita pahami jadi sekrang kita bisa menyimpulkan jika dari segii material dan cara proses pembuatan kita bisa menilai piston mana yang lebih unggul dalam hal ketahanan.

Comments